Biar Nggak Nyasar, Pasang GPS Murah-Meriah Aja di Motor!

Saat perjalanan jarak jauh seperti touring keluar kota, tidak jarang kita menemukan kesulitan dalam menentukan arah, terutama saat sudah memasuki kota-kota besar. Dalam kondisi seperti ini, paling praktis jika punya perangkat navigasi atau GPS. Sayangnya, GPS yang didesain khusus untuk motor itu harganya sangat mahal, kurang lebih Rp 5-7 juta. Mahalnya harga GPS untuk motor karena perangkat ini memang tahan dalam berbagai kondisi, seperti tahan air (waterproof), tahan debu, tahan panas, dan tahan terhadap getaran. Pokoknya berbagai fitur yang dibutuhkan biker ada di GPS ini.

Akan tetapi, nggak semua biker memiliki finansial yang cukup untuk menebus GPS dengan harga setengah dari harga motor skutik itu. Alternatif lain adalah dengan menggunakan GPS murah-meriah yang banyak beredar di pasaran. Umumnya GPS ini diperuntukkan bagi mobil sih, tapi nggak masalah juga dipakai di motor dengan beberapa penyesuaian.

Persiapan Pemasangan GPS di Motor

Beberapa hal perlu diperhatikan jika kita ingin memasang GPS murah-meriah di motor. Kebanyakan GPS murah-meriah itu peruntukkan bagi mobil, sehingga tidak dilengkapi dengan docking yang bisa dipasang di stang motor (khusus motor sport). Oleh karena itu, kita perlu membeli docking untuk motor ini secara terpisah. Docking bisa dibeli di toko aksesoris motor atau di toko GPS itu sendiri. Saya membeli docking GPS/HP yang saya pasang di motor Kawasaki KLX 150L milik saya di sebuah toko aksesoris motor di Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat. Harga docking ini bervariasi, mulai dari Rp 70.000 sampai dengan Rp 150.000, tergantung merk dan toko yang jual.

Persiapan kedua adalah memasang perangkat charger GPS/HP di motor. Perangkat charger ini bisa dibeli di berbagai toko online. Saya menggunakan Anzena Charger, perangkat charger yang tinggal pasang saja dengan mudah di motor dan sudah waterproof. Beberapa waktu yang lalu saya sudah membahas Anzena Charger kok, monggo dilihat. Jika kesulitan mendapatkan perangkat charger, bro sekalian bisa membuat sendiri menggunakan lighter mobil. Gimana caranya? Monggo googling saja, sudah banyak kok tutorialnya.

GPS iWare 3402

Sebagai teman bernavigasi, saya membeli GPS iWare 3402. Perangkat GPS buatan China ini memiliki ukuran layar 4,3 inch, lumayan lapang untuk kebutuhan bernavigasi di motor. GPS juga dilengkapi dengan RAM 128 MB DDR dengan memori internal 4 GB. Kapasitas sebesar itu sudah cukup untuk menyimpan berbagai peta Indonesia. Jika kurang, masih ada slot Micro SD yang bisa menampung hingga 16 GB. Fitur lainnya adalah built-in loudspeaker, baterai Li-Polymer, 3,5 mm jack audio, dan FM transmitter.

IWare 3402 menggunakan software Windows CE dengan tiga peta yang berbeda. Bro bisa menggunakan aplikasi/peta dari Papago, IGO, dan Garmin. Dari ketiga jenis aplikasi itu, saya paling suka menggunakan aplikasi Papago dengan peta terbaru yang bisa didapat dengan mudah dari Navigasi.net. Sedangkan untuk IGO dan Garmin menurut saya kurang user friendly. Aplikasi lain juga tersedia, seperti pemutar musik atau foto, yang menurut saya kurang berguna.

Pasang_GPS_di_Motor_Kawasaki_KLX_150L_DSC_0014

Dari segi performa, GPS iWare 3402 bisa dibilang lumayan. Proses penguncian sinyal perlu waktu sekitar 30-60 detik jika GPS benar-benar dihidupkan dari kondisi mati. Sedangkan dari kondisi standby, penguncian sinyal perlu waktu yang jauh lebih singkat, kira-kira 3-5 detik saja. Peta Papago yang sering saya pakai juga cukup akurat. Itu terbukti saat saya melintasi Jakarta dalam perjalanan dari Surabaya ke Lampung dan dari Lampung ke Surabaya. Jakarta saya buat patokan karena kondisi jalan di kota ini banyak cabangnya dan kerap bertumpuk. Sangat merepotkan jika tidak dibantu dengan GPS yang akurat.

Kelemahan yang sangat terasa saat menggunakan GPS iWare 3402 adalah layar sentuh yang kurang sensitif, processor yang lambat, dan layar yang kurang berkualitas karena sulit terlihat jika GPS menghadap langsung ke matahari. Selain itu, penguncian sinyal bisa lebih lama lagi jika GPS tidak dicolok ke power listrik. Hal itu bisa dimaklumi karena GPS ini berharga sangat murah, kurang dari Rp 800.000.

Pasang_GPS_di_Motor_Kawasaki_KLX_150L_DSC_0018

Perlu diingat, GPS iWare 3402 tidak waterproof, jadi kalau cuaca sedang hujan ya disimpan dulu di tas. Saya belum bisa memastikan apakah GPS ini tahan debu, tahan getar, dan tahan panas atau tidak. Sejauh ini saat menggunakannya dalam perjalanan Surabaya-Lampung via Pantura, Lampung-Surabaya via Jalur Selatan, dan memandu saat pergi ke Bromo beberapa waktu yang lalu tidak ada masalah sama sekali. Dan GPS itu saya nyalakan terus sepanjang perjalanan, terkena panas, debu, getaran, bahkan udara dingin 10 derajat celcius. Kalau berhenti ya GPS dilepas dulu dari docking biar ngga dicuri maling. No problem at all!

Terlepas dari berbagai kekurangannya, GPS iWare 3402 yang berharga sangat murah ini sangat membantu dalam perjalanan. Sudah cukuplah untuk bernavigasi di perjalanan yang lebih banyak melalui kota. Bro bisa juga menggunakan merk lain dengan harga serupa. Tapi kalau bisa, pilihlah GPS yang bodinya terbuat atau dilapisi dengan karet. Jangan beli yang full metal atau plastik. GPS yang bodinya dilapisi karet bisa meredam getaran yang sangat kuat di stang motor. Monggo dicoba! πŸ˜€

29 thoughts on “Biar Nggak Nyasar, Pasang GPS Murah-Meriah Aja di Motor!”

  1. Mirip seperti punya saya model dan bentuknya…
    Tapi ber-merk HG-Pro. Tahun 2009 saya beli masih 1,7juta
    Aplikasi GPS-nya ada beberapa :
    1. IGO
    2. IGO Amigo
    3. Papago
    4. Navitel
    5. Garmin
    6. Polnav
    7. Route66
    8. Sygic

    Dulu itu andalan saya masbro.
    Tapi sejak mengenal hp android, maka saya sudah sering pakai android dengan aplikasi Navitel yg menurut saya lengkap dan familier banget penggunaannya. BenerΒ² gak nyasar pakΓ© GPS ini. Dari Malang ke Jakarta atau ke Yogya, muter Madura juga dibantu GPS ini πŸ˜€

    1. kalau di jalanan kampung atau luar kota enak. kalau di kota besar kayak surabaya, semarang, jakarta, bandung, ribet kalau nggak pakai GPS. bahkan tanya orang setempat aja kadang nggak tau πŸ˜€

  2. Wah trnyata docking gps murah yaa.. sya kira mahal, sampe2 sya make gps nya keluar masuk kantong alhasil sering ke bablasen. Haha, paling jitu sya gntung di tali tas punggung sya tp terayun2 mulu..
    Btw itu docking model jepit gtu apakah aman dr goncngan masbro?
    Dan apakah getaran motor dpt merusak device gps?
    Krena bbrp kli nemu di online braketnya dbaut lngsung kestang tnpa ad leher tmbhn antara rumah gps dan braket krena pkai docking untuk speda.. sya mlh tkut rusak gps nya :p

    1. sejauh ini sih aman-aman saja.. kalau masih agak ragu coba liat aja produk buatan 7Gear, tapi sayangnya docking 7Gear itu kurang lebar untuk GPS saya. alternatif lain beli tank bag 7Gear saja om kalau pakai motor sport. umumnya tank bag 7Gear ada kantong transparan buat HP atau GPS.

      1. wah sya belum cek 7gear lgi, ada docking buat gps ya..TKP akh,

        untuk yg tank bag sya pernah liat, tapi sya kurang minat untuk memasang tankbag, tp fitur dan fungsi memang sngat bagus.

        thnks blognya yg informatif.

  3. Iware ku kok nggak akurat navigasinya,baik yg papago maupun yg garmin.apa yg mesti kulakukan? Mohon petunjuknya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *