Pilah-Pilih Pannier Box Murah Buatan Lokal untuk Adventure

Dear om dan tante… Bagi penggemar adventure, tentu sudah kenal dong yang namanya pannier box. Itu tuh, box aluminium yang biasa terpasang pada motor-motor adventure besar macam BMW R1200GS ataupun yang lainnya, persis seperti yang di gambar atas.

Umumnya pecinta adventure lebih memilih pannier box karena box ini terbuat dari bahan dasar aluminium. Tentu saja ini jauh lebih kuat dan tidak mudah pecah jika dibandingkan dengan box biasa yang terbuat dari plastik. FYI, untuk adventure touring seperti ini tidak hanya melewati jalan aspal yang mulus, tapi kadang juga melewati jalan yang jelek, bahkan semi off road. Oleh karena itu diperlukan box yang tahan banting.

Untuk jenisnya sendiri, pannier ada dua macam seperti halnya box biasa, yaitu side box dan top box. Adventure rider biasanya lebih memilih memasang side box, walaupun tidak jarang juga mereka memasang keduanya. Tapi jarang banget yang hanya memasang top box saja. Mana pilihannya, tergantung dari kebutuhan saja.

Sayangnya, pannier yang beredar di pasaran ini harganya cukup mahal. Pannier keluaran Touratech yang diimpor langsung dari Amerika Serikat misalnya, di Indonesia dibanderol dengan harga mencapai Rp 15 juta. Bagi pengguna motor besar macam BMW R1200GS, Ducati Multistrada 1200, dan KTM 1190 Adventure, harga Rp 15 juta tentu menjadi barang murah. Lha wong harga motornya saja di atas Rp 500 juta kok. Nah, bagaimana untuk pengguna motor kecil 250cc ke bawah? Pastinya agak berat dong mengeluarkan uang untuk membeli pannier yang harganya setengah atau seperempat dari harga motor.. Solusinya adalah dengan menggunakan aluminium pannier buatan lokal!

Saat ini setidaknya sudah ada empat merk aluminium pannier buatan lokal yang siap menemani adventure om dan tante sekalian. Sudah pasti aluminium pannier buatan lokal ini berharga lebih murah daripada yang impor, tapi dengan kualitas yang tak kalah baik. Apa saja itu?

1. Maverick

Maverick adalah aluminium pannier yang dibuat oleh Ring of Fire Adventure (RoFA). Ada dua tipe pannier yang dibuat oleh RoFA, yaitu Maverick 25 dan Maverick 30. Perbedaan mendasar kedua pannier itu hanya terletak pada ukurannya saja yang masing-masing 25 liter dan 30 liter.

RoFA mengklaim dalam pembuatan Maverick menggunakan aluminium dengan ketebalan 1,5 mm yang dilengkapi oleh rivets standar militer. Menariknya, terdapat beberapa part tambahan yang bisa dibeli secara terpisah, seperti inner bag, dengan desain kompartemen sesuai dengan kebutuhan pengendara. Untuk saat ini bracket Maverick tersedia untuk motor Kawasaki Versys, Kawasaki KLX dan D’Tracker 250, dan Yamaha Scorpio.

Menurut website RoFA, Maverick 25 diberi harga Rp 3,6 juta, sedangkan Maverick 30 dihargai Rp 4,1 juta. Harga itu belum termasuk bracket, kunci, ongkos pemasangan (jika tidak ingin pasang sendiri), ongkos pengiriman (jika perlu dikirim), dan pajak sebesar 10 persen. Harga bracket yang disediakan oleh RoFA adalah Rp 1,25 juta untuk Kawasaki Versys, dan masing-masing Rp 750.000 untuk Kawasaki KLX/D’Tracker 250 dan Yamaha Scorpio. Kalau ditotal paling tidak om dan tante perlu mengeluarkan dana sebesar Rp 5-6 juta untuk menggunakan produk ini. Informasi lebih lanjut monggo langsung ke website RoFA.

maverick-25-500x500

RoFA-Pannier

2. 7Gear Aluminium Pannier Expedition

 Berdasarkan website resminya, 7Gear menyediakan dua ukuran untuk aluminium pannier yang dibuatnya. Pertama dengan ukuran panjang 44 cm, lebar 26 cm, dan tinggi 40 cm, sedangkan yang kedua memiliki ukuran yang lebih besar, dengan panjang 44 cm, lebar 30 cm, dan tinggi 40 cm. Menariknya, di 7Gear om dan tante sekalian bisa memesan ukuran sesuai selera alias custom.

7Gear mengaku membuat Aluminium Pannier Expedition dengan bahan dasar aluminium grade A setebal 2 mm. Penyambungan aluminium ini menggunakan las argon yang menjamin kekuatan box lebih baik.

Pemasangan pannier 7Gear ini menggunakan Quicklock System, sehingga sangat mudah dan hanya perlu waktu yang singkat. Sedangkan penguncian menggunakan model Raiton yang menyatu, membuat tampilan lebih rapi. Kelbeihan lainnya adalah pannier dilengkapi dengan empat titik pengikat, memudahkan bagi om dan tante jika ingin membawa tenda saat adventure.

Untuk harga, 7Gear memang tidak menuliskannya di website. Mungkin karena 7Gear juga bisa menyediakan pannier custom, jadi harganya masih sangat bervariasi. Tapi untuk yang standar kemungkinan antara Rp 3,5-4,5 juta. Bagi om dan tante yang berminat bisa langsung kontak atau meluncurkan ke website 7Gear.

pannier 7gear

pannier 7gear 1

3. XVenturide

Pannier Xventuride dirancang oleh Jack Xventure, memiliki dua model, yakni classic dan hexagonal. Perbedaannya, model classic menggunakan sistem riveted, sedangkan untuk model hexagonal menggunakan sistem las. Hasilnya, model classic memiliki harga yang jauh lebih murah tapi tetap kuat. Kedua model pannier ini memiliki ukuran yang serupa kok, yakni 27 liter, dengan bahan aluminium setebal 2 mm.

Pannier Xventuride ini digunakan oleh Mario Iroth dalam perjalanan ‘Wheel Story 2’ dengan motor Beneli Phyton 200 dan perjalanan Tim Viar Jelajah Indonesia dari Sabang sampai Merauke yang saat ini sedang berlangsung.

Oh ya, selain kedua model tadi, Jack Xventure juga menyediakan pannier Xventuride berukuran 27 liter dengan harga ekonomis senilai Rp 2 juta dan pannier custom jika om dan tante memiliki ide sendiri. Untuk harga lainnya, monggo langsung saja hubungi Om Jack Xventure.

Pannier Jack XVenture

Pannier Jack XVenture 1

4. Badak Hitam Enduro Pannier

Badak Hitam Enduro Pannier dibuat oleh Om Alvian JBC Bike yang berada di Malang, Jawa Timur. Ukuran dasar Badak Hitam adalah 27 liter, tapi tersedia juga ukuran custom jika om dan tante ingin pannier yang lebih besar atau lebih kecil. Produk ini tersedia dalam beberapa pilihan warna, seperti merah, hitam, putih, dan original. Semuanya dibuat dengan bahan dasar aluminium 2,5mm. Jika produsen lain rata-rata hanya membuat pannier side box, Badak Hitam juga ada versi top box berukuran 33 liter.

Menariknya, pada bagian dalam pannier Badak Hitam dilengkapi dengan busa yang bisa menjaga barang-barang bawaan terhindar dari benturan saat sedang adventure. Selain itu, produsen mengklaim akan memberikan garansi selama satu tahun untuk semua produknya. Untuk harga bisa ditanyakan langsung dengan Om Alvian JBC Bike. Waktu saya tanya sih yang 27 liter dibanderol dengan harga Rp 2,9 juta sudah termasuk bracket.

pannier badak hitam 2

pannier badak hitam 3

Well, sekarang om dan tante sudah ada gambaran kan mengenai berbagai produk dan harga aluminium pannier buatan lokal? Rata-rata mereka menawarkan dengan harga Rp 2 juta hingga Rp 6 juta lah untuk pemasangan secara komplit. Jauh lebih murah dibandingkan dengan pannier impor.

*All images are copyright to their respective owners

23 thoughts on “Pilah-Pilih Pannier Box Murah Buatan Lokal untuk Adventure”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *