Plus-Minus Menggunakan Dry Bag, Side Bag, Box, dan Alumunium Pannier untuk Adventure

Untuk kegiatan adventure, kita biasanya membawa cukup banyak barang untuk berbagai keperluan. Tentu saja untuk membawa barang-barang itu kita memerlukan sebuah wadah. Saat ini setidaknya ada empat tipe wadah yang bisa digunakan untuk menampung barang saat adventure dengan menggunakan motor. Keempat wadah itu antara lain dry bag, side bag atau saddle bag, box, dan aluminium pannier. Apa saja keunggulan dan kekurangan masing-masing wadah itu? Yuk disimak!

1. Dry Bag

Dry bag biasanya terbuat dari material PVC yang tahan terhadap air. Modelnya pun bermacam-macam, ada yang seperti ransel, side bag, atau hanya berbentuk memanjang yang ditali pada jok belakang motor. 7Gear adalah salah satu produsen yang memproduksi dry bag untuk keperluan adventure ini.

phpeTCRt4

  • Keunggulan: ringan, muat lebih banyak barang, tahan air, mudah dalam pemasangan di motor, tidak berersiko rusak saat motor jatuh, harganya murah.
  • Kekurangan: kurang rapi dan kurang enak dilihat khusus untuk yang terpasang di samping (side bag) dan di jok motor, membebani pundak untuk yang model ransel.

2. Side Bag atau Saddle Bag

Side bag umumnya terbuat dari bahan dasar kain seperti tas biasa. Ada juga yang terbuat dari kulit, biasanya dipasang pada motor berjenis chopper. Merk yang beredar di pasaran antara lain 7 Gear, Alpinestar, Mokita, RVR, dan lain-lain.

AltRider_Hemisphere_4_Hi-Res

  • Keunggulan: ringan, tidak begitu membebani sasis motor, pemasangan cukup mudah hanya dengan menggunakan tali strap, tidak beresiko rusak saat terjadi motor jatuh, bisa dilipat dalam bentuk kecil saat kondisi kosong, harga tergolong murah meski lebih mahal dibandingkan dry bag.
  • Kelemahan: tidak kedap air, meskipun dilengkapi dengan rain cover tapi tetap tidak menjamin keamanan barang-barang yang di dalamnya dalam kondisi hujan, kurang aman jika ditinggalkan saat parkir karena dapat dengan mudah dirobek oleh maling, body motor mudah tergores jika tidak menggunakan bracket, bentuk kurang kokoh.

3. Box

Box untuk motor ini terdiri dari dua jenis, yaitu side box dan top box. Kedua jenis box ini menggunakan bahan dasar plastik. Merk yang sudah beredar cukup banyak, mulai dari GIVI, Kappa, Shad, dan KMI.

64904654-M

  • Keunggulan: rapi, barang-barang di dalam box aman terlindung dari hujan dan debu, tidak was-was saat ditinggal parkir dalam waktu yang lama.
  • Kelemahan: harga mahal, berat meski dalam kondisi kosong, bentuk box yang beragam membuat kita kesulitan mengisi sesuai dengan volume yang ada di spesifikasi, cukup membebani sasis motor meski dalam kondisi kosong, rentan pecah saat terjatuh, motor jadi lebar dan memakan banyak ruang.

4. Aluminium Pannier

Aluminium pannier menjadi kebutuhan bagi pada adventurer yang melakukan perjalanan panjang dalam jangka waktu lama, terlebih jika medan yang dilalui merupakan medan yang berat. Ada beberapa merk aluminium pannier yang dijual di Indonesia, antara lain Maverick Ring of Fire, 7Gear Aluminium Pannier Expedition, XVenturide, dan Badak Hitam Enduro Pannier.

IMG_1084web

  • Keunggulan: bentuk solid, kokoh, umumnya berukuran besar sehingga bisa memuat banyak barang, barang aman dari hujan dan debu, tidak was-was saat ditinggal di tempat parkir, bisa digunakan sebagai bangku saat sudah mencapai tempat tujuan adventure.
  • Kelemahan: harganya mahal, berat meski dalam keadaan kosong, membebani sasis motor, bentuknya yang besar membuat motor jadi lebar sehingga memakan banyak ruang, bracket yang tidak berkualitas akan mudah rusak karena beban yang begitu berat.

Monggo disesuaikan saja dengan kebutuhan dan kenyamanan. Saya sendiri sampai sekarang masih belum mendapatkan wadah yang nyaman saat melakukan riding adventure. Sudah mencoba side bag dan side box, keduanya belum pas. Yang belum dicoba tinggal dry bag dan aluminium pannier ini.

3 thoughts on “Plus-Minus Menggunakan Dry Bag, Side Bag, Box, dan Alumunium Pannier untuk Adventure”

  1. ada satu lagi yaitu bronjong sayuran, pilihan ada 2 anyaman berbahan bambu dan plastik, kelebihannya muat lbh buanyaaak
    | kekurangannya minta ruang lebih dijalan :mrgreen:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *