Review 8Ten Action Camera SDV-1270 – 1.3 MP

Well.. Setelah sebelumnya saya memposting tulisan Unboxing 8Ten Action Camera Orange Edition SDV-1270 – 1.3 MP, kali ini saya akan melakukan review mengenai hasil rekam dari action cam murah-meriah tersebut.

Mungkin om dan tante sudah baca kalau kamera ini saya beli di toko online Lazada dengan harga hanya Rp 329.900 saja. Harga ini tergolong sangat murah untuk sebuah action camera. Lalu bagaimana performa 8Ten Action Camera SDV-1270 – 1.3 MP? Yuk simak saja!

Melihat dari box-nya, 8Ten Action Camera SDV-1270 – 1.3 MP dibuat oleh produsen yang berasal dari China. Tidak ada yang spesial dari paket penjualannya. Di dalam box hanya ada kamera, cover yang kedap air, kabel USB, mounting untuk berbagai keperluan, kabel output video, dan buku manual.

Berdasarkan spesifikasi kamera ini dibekali dengan sensor CMOS 1.3 MP yang mampu merekam video dengan resolusi 720p (1280 x 720). 8Ten Action Camera SDV-1270 – 1.3 MP dilengkapi dengan layar mungil TFT seluas 1,77 inch, baterai Li-ion, slot Micro SD, built in speaker & microphone, video output, dan USB 2.0.

Nah, saat pertama kali melihat, kamera ini tampak cukup oke. Tapi begitu dipegang, 8Ten Action Camera SDV-1270 – 1.3 MP layaknya sebuah mainan anak-anak. Body kamera terbuat dari plasti,k sehingga terasa murahan, walaupun memang murah sih :mrgreen: .

Pada bagian atas kamera terdapat dua tombol, yaitu tombol ON/OFF dan tombol shutter, sedangkan di sebelah layar berjejer empat tombol yang terdiri dari dua tombol untuk navigasi, tombol menu, dan tombol model.

Pengoperasian kamera ini cukup simpel, mungkin karena tombol dan menu di kamera juga tidak banyak. Tombol menu misalnya, digunakan untuk melakukan berbagai settingan, baik itu untuk foto, video, maupun rekaman suara, sedangkan tombol mode digunakan untuk mengubah mode kamera yang terdiri dari mode foto, rekaman video, rekaman audio, dan mode untuk melihat hasil rekaman. Kualitas layarnya sendiri jangan ditanyakanlah. Kita tidak bisa berbuat banyak dengan layar semungil itu.

Untuk mode video, kita bisa mengatur resolusi video yang direkam. Terdapat tiga pilihan ukuran, yakni 720p (1280 x 720), VGA (640 x 480), dan 320 x 240. Resolusi ini bisa disetting dengan frame rate 30 fps atau 15 fps. Sementara untuk metering terdapat opsi center, multi, dan spot. 8Ten rupanya juga memberikan berbagai pilihan white balance dan efek. Cukup menarik sih, walaupun nggak terlalu berguna.

Selain berfungsi untuk merekam video, 8Ten Action Camera SDV-1270 – 1.3 MP juga bisa digunakan untuk memotret. Resolusi yang disediakan antara lain 5 MP, 3 MP, 1 MP, dan VGA dengan pilihan kualitas seperti super fine, fine, dan normal. Pengaturan white balance dan efek juga disediakan, sama seperti pada mode video.

Pada pengujian kali ini, untuk mode camera (foto), saya memilih untuk menggunakan resolusi 3 MP. Hasilnya ternyata tergolong buruk. Gambar buram dan nggak tajam. Padahal itu di siang hari yang sangat terik. Kalau cahaya berkurang, pasti hasilnya akan lebih buruk lagi. Coba klik saja gambar di bawah ini. Saya upload file aslinya tanpa saya crop maupun edit. Dengan pilihan resolusi 3 MP, kamera ini memproduksi gambar dengan ukuran file rata-rata 1,3 MB.

SUNP0003Dalam pengujian mode video, saya memang sengaja memilih resolusi 480p (640 x 480) meskipun kamera ini bisa disetting dengan resolusi 720p (1280 x 720). Pertimbangannya adalah karena video ini hanya akan diupload di YouTube, jadi nggak perlu resolusi yang tinggi. Kalau pakai resolusi tinggi secara otomatis akan menghasilkan video dengan ukuran yang besar, agak repot juga untuk menguploadnya karena keterbatasan bandwidth internet.

Oh ya, untuk pengeditan, saya menggunakan Windows Movie Maker saja. Nggak mau repot dengan software editing video profesional yang nggak gratis dan lumayan memberatkan komputer. Pokoknya pakai software gratisan yang ada di komputer saja sudah cukup. Hasilnya monggo dinikmati saja di video yang saya lampirkan. Kalau menurut saya sih hasilnya memang tidak bagus, kurang tajam. Tapi itu sudah cukup untuk mengabadikan momen saat riding adventure. Apalagi harga kamera ini memang sangat murah, hanya Rp 300 ribuan. Apa yang bisa diharapkan dengan kamera seharga ini kan?

Untuk masalah baterai, saya memang belum menguji daya tahan baterai 8Ten Action Camera SDV-1270 – 1.3 MP ini. Berdasarkan spesifikasi sih bisa bertahan selama 110 menit. Tapi realitasnya masih belum tahun. Mungkin baru bisa diketahui di pengujian berikutnya.

Satu hal lagi yang perlu diketahui, dalam paket penjualan 8Ten Action Camera SDV-1270 – 1.3 MP tidak disertakan Micro SD. Kita harus membelinya secara terpisah. Atau kalau sudah punya Micro SD juga bisa dipasang di sini. Micro SD yang digunakan minimal adalah Class 4. Akan lebih baik lagi kalau menggunakan Micro SD Class 10 yang bisa memproses data lebih cepat. Semoga ini bisa menjadi pertimbangan sebelum membeli action cam murah-meriah seperti 8Ten Action Camera SDV-1270 – 1.3 MP.

18 thoughts on “Review 8Ten Action Camera SDV-1270 – 1.3 MP”

  1. Foto, iya ya kurang tajam / focus.
    Videonya lumayan, frame ratenya lumayan mulus nggak patah patah, cuma back sound nya aja bikin nggak semangat, coba backsoundnya american authors-best day of my life kayaknya lebih pas ๐Ÿ˜€

  2. Not bad, sebanding lah sama harganya, klo pake resolusi 720p bisa 30fps jga g om?. sama suara anginnya berisik g?.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *