Jaket Respiro Nusantaride R3.1 Ternyata Mampu Melindungi dari Hujan

Om dan tante, beberapa waktu yang lalu saya membeli jaket buatan lokal Respiro Nusantaride R3.1 untuk menemani saya saat riding adventure. Review mengenai jaket itu sudah pernah saya tulis juga di sini.

Sebelumnya jaket itu belum pernah diuji coba dalam kondisi cuaca hujan karena memang belum pernah kena hujan. Kini musim hujan telah tiba. Kebetulan kemarin Jogja diguyur hujan yang sangat lebat, dan saya terpaksa hujan-hujanan menggunakan Respiro Nusantaride R3.1 dari Kaliurang menuju Banguntapan. Bagaimana hasilnya?

DSC_0269

Well, ini diluar ekspektasi saya. Respiro Nusantaride R3.1 adalah technical jacket yang didesain agar tahan terhadap terpaan angin alias windproof. Tapi ternyata setelah hujan-hujanan kemarin, Respiro Nusantaride R3.1 mampu melindungi tubuh saat hujan menerpa. Ini sungguh di luar dugaan.

Memang sih, bahan yang digunakan untuk membuat jaket ini bisa tahan terhadap air. Namun saya nggak menyangka kalau jaket ini bekerja dengan baik dan baju yang saya pakai tetap kering saat menerjang hujan deras dalam waktu yang cukup lama itu.

Gejala bocor memang masih ada, khususnya di bagian tangan (lengan hingga pergelangan), di mana pada posisi itu sangat intens terkena terpaan air. Kebocoran terjadi karena air masuk melalui sela-sela jahitan. Hal ini sangat bisa dimaklumi karena Respiro Nusantaride R3.1 diklaim sebagai jaket windproof, bukan waterproof. Jadi kalau memang tahan terhadap air ya anggap saja sebagai bonus. Ya kan?

IMG_20141026_082520_edit

Menariknya lagi, memasuki Kota Jogja, hujan sudah reda, malah matahari mulai terlihat kembali. Tidak diduga jaket juga bisa kering cukup cepat. Bahkan saat tiba di rumah, sebagian dari jaket sudah terlihat kering. Luar biasa! Nggak rugi deh beli jaket ini seharga Rp 792.000. :mrgreen:

Meskipun tidak waterproof sepenuhnya, tapi jaket yang bisa menahan air untuk sementara seperti ini sudah cukup bagus. Hujan rintik-rintik atau intensitas sedang masih berani trabas. Kalau hujan lebat secara tiba-tiba, setidaknya kita masih punya waktu untuk berteduh atau mengenakan jas hujan. Berdasarkan pengalaman kemarin, baju saya masih kering meskipun menerjang hujan lebat selama 30 menit. Joss tenan iki!!

12 thoughts on “Jaket Respiro Nusantaride R3.1 Ternyata Mampu Melindungi dari Hujan”

  1. saya pakai Tourage R1.6 masih tembus pas di jahitan pundak sama lekukan tangan, padahal nyucinya udah hati2 biar lapisannya gak rusak. ada 15menit hujan2nan,
    anggep aja bonus, hehehe

    Salam kenal om, saya di Demangan Kidul

  2. Salam kenal mas bro..
    Pncarian Viar cross x200 ngebawa sya k blog mas yg informatif skali,sya mndpt bbrapa pngetahuan dblog anda.
    Sya jg punya respiro nusantara series tp sya smpat kget ketika menyambangi booth respiro di ims 2014 kmarin nusantara R sya dan display berbeda jenis bahannya.. sta smpat brtnya ke pnjgany tp mreka jg krg paham.. stelah sya lihat logo di kantung tertera nusantara R3.1 sdgkn sya pnya R3 sja.. sya browsing di web respiro sepertinya R 3.1 versi terbaru dngan jnis bhn yg berbeda dn kyny lbh waterproof, untuk R3 lumatan waterproof tp bhn lbih kaku dibanding R3.1 .. sya smpt mngira pnya sya kw pnya haha, tp sya blum mnanyakan lngsung pd pihak respiro perihal ini.. CMIIW
    Dan mmg jket trsebut kyrang mnahan air d bgian jahitan apa lg jahitan bgian kantung, hrsny di update lg bgian jahitan di beri seal seperti pda jaket gunung, tp overall sya demen bgt sma nih jaket, krena dulu sngat susah untk mncari jaket model advanture seperti jket Yg dipakai Rider BMW GS yg harganya bikin ngelus2 dada, smpe2 sking pinginnya dulu mau niat bikin..kkkk, tp kbtulan liat ini jket.. pas nemu aj ampe sumringah..kesenengan kya bocah..

    selamat melibas dan Lanjutkan masbro blog informatifnya..

    1. salam kenal juga om..

      yang punya om warna kunyit bukan om? kalau kw sih saya rasa nggak ya, apalagi jaket respiro hanya dijual di outlet-outlet tertentu saja. harganya pun seragam, sama persis beli di toko manapun.

      memang respiro nusantaride series dan respiro journey tergolong punya value tinggi untuk sebuah jaket adventure. harganya masih berkisar antara 700-850 ribu saja. bandingkan dengan eiger yang juga baru meluncurkan jaket adventure berharga 3,5 juta.. nggak kuaat.. hiihi

      1. Warnanya yg abu2 seperti punya mas juga, malah dulu ada 3 warna yg krem, warna kunyit sama abu2, tp karena yg size S yg abu2 dan ini stock terakhir sya sikat aja..,
        naah kan.. sya mlh jd takut yg punya sya kw.. hahaha, tp sya yakin sih versi R3.1 adalah update’an dari nusantara R3.0, dlm segi bahan.. bahanya lbih bagus R3.1 lebih “lemes”, dan untuk warna tetap sama respiro mengeluarkan 2 warna kunyit dan abu2, syg yg putih krem gk di keluarin lg.

        iya harganya masih lumayan, tapi di banding dengan jaket advanture model rider dual purpose gni ini lumayan murah yah mas, iya sya juga shock denger yg di booth eiger .. kirain satu setel taunya atasan ma bawahan beda..whahaha.. tp fiturnya gk beda jauh sma respiro jg hnya beda di model, bahan dan dapet puring dalam juga..heheh

        1. Nah bener, sepertinya untuk yang R3.1 ini update dari model sebelumnya. Saya punya Respiro Alpha R3, bahannya lebih kaku daripada Nusantaride R3.1. Dan Alpha R3 saya itu lebih berat daripada Nusantaride R3.1. Padahal kalau dipikir modelnya lebih ribet Nusantaride R3.1 daripada Alpha R3, tapi kok malah lebih ringan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *