Pengunjung Blog Bertanya Tentang Kawasaki KLX 150

Om dan tante, ini ada email yang masuk dan bertanya mengenai Kawasaki KLX 150. Email itu datang dari Om Ardi yang berasal dari Sulawesi Tenggara. Wah jauh banget ya.. Nah, daripada email saya jawab secara pribadi, mendingan saya tampilkan di blog saja biar menjadi referensi juga bagi pengunjung blog lainnya. Nih dia!

Assalamualaikum.
Selamat malam mas tri. Sy ardi dri sulawesi tenggara. Sy mau nanya nih mas!
  • mtor yg mas tri pake itu klx yg ring 19 at 21?
  • trus isi tangki brapa L dan konsumsi bbm premium/L bisa rata2 brapa?
  • trus kalau untuk perjalanan malam ada kendala at tdk dengan penerangannya?
  • trakhir ini mas, kendalanya/kekurangan/masalah yg sering terjadi sm klx150 ini menurut mas tri apa aja sih?
Hehehe maaf kebanyakan nanya mas, kalau mas bersedia/berkenan tlong dijawab ya mas. Kbetulan sy sekarang kerja lapangan yg mengharuskan stiap hari berjalalan sampai ratusan KM, dan jalan yg sy lewati banyak masuk diperkampungan dengan kondisi jalan yg amburadul. Jd lg cari referensi untuk mtor tangguh ini mas, apakah klx ini cukup tangguh untuk jarak yg sampe 200km bahkan lebih atau ada referensi untuk motor lain mas?
Maju trus blognya ya mas! Klo main kesultra kita bisa kopdar ini.
Waalaikum salam om..  Terima kasih atas emailnya, jauh-jauh dari Sulawesi Tenggara. Hehehe.. OK, saya jawab satu per satu ya om mengenai Kawasaki KLX 150 ini.
IMG_20141106_151429
  • Motor yang saya pakai itu KLX 150L alias dengan roda berdiamter 18-21 inch, sedangkan yang berdiameter 16-19 inch itu KLX 150S.
  • Isi tangki bahan bakar KLX 150S, KLX 150S, dan D’Tracker 150 semuanya sama 7 liter. Mohon maaf saya belum pernah ngetes menggunakan bahan bakar Premium. Untuk Pertamax, konsumsi bahan bakarnya mencapai 38 km/liter. Artikelnya pernah saya posting di sini dan di sana. Untuk Premium kemungkinan nggak jauh berbeda, berkisar antara 33-35 km/liter.
  • Nah, untuk perjalanan malam, ini menjadi salah satu kendala KLX 150. Lampunya yang cuma 35 watt kurang terang dan pencahayaan kurang fokus. Lebih repot lagi kalau banyak kendaraan dari arah berlawanan. Kalau mau lebih terang bisa diakali dengan memasang lampu sorot LED, tapi perlu mengubah kelistrikan dari AC ke DC bisa lampu LED itu nggak cepat mati. Lampu sorot ini bisa digunakan seperlunya saja, tidak perlu dinyalakan terus-menerus.
  • Terakhir kekurangan KLX 150? Sejauh ini nggak ada kendala yang berarti. Coba cek saja di kategori Adventure blog ini. Saya sudah pernah menggunakannya dari Surabaya ke Lampung via Pantura dan balik lewat jalur selatan ribuan kilometer dengan berbagai kontur jalan, keluar-masuk taman nasional di Jawa Timur yang jalannya remuk redam, dan berbagai pengalaman lainnya. Nggak ada masalah sih sampai sekarang sudah 9.000 kilometer. Bisa saya katakan KLX 150 cukup OK untuk kondisi jalan amburadul. Permasalahan KLX 150L yang saya alami adalah roller rantai cepat habis (rusak) karena tidak bisa memutar. Tapi itu tidak terjadi pada KLX 150S. Sekarang sudah saya ganti dengan roller yang berkualitas lebih baik.

Terkait alternatif lain, saya nggak punya ide nih. Ada produsen lokal VIAR dengan produk Cross X 200 dan Cross X 200 SE, tapi saya sendiri belum pernah lihat produknya secara langsung, apalagi mencobanya. Semoga jawabannya bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi Om Ardi maupun pengunjung blog yang lainnya. :mrgreen:

13 thoughts on “Pengunjung Blog Bertanya Tentang Kawasaki KLX 150”

  1. KLX series memang cukup bisa diandalkan, saya juga sudah mencoba di bernagai medan, hasilnya cukup memuaskan.
    konsumsi bahan bakar juga termasuk irit untuk motor 150cc.
    bagi saya hanya satu kelemahannya, yaitu buat boncenger yg lumayan sakit (maaf ) pantatnya.
    tapi kalau untuk riding sendirian, mantap dah….

  2. bro saya mau tanya klo mau upgrade ban Klx 150L, ke ban enduro maksimal size ban nya brapa ya dgn velg bawaan atau standar.?

    1. jujur belum pernah ganti ke ban enduro, tapi saya pikir dengan velg original masih OK dengan ban belakang 100/100-18 dan ban depan 80/100-21. lebih mudahnya sih dikonsultasikan langsung ke toko ban 😀

  3. Nah itu karet roller sering cepet abis, gimana ngakalinya ya bro? Kalo beli yg bagus yg kaya gimana? Ori punya kawasaki atau merek lain?

  4. Maaf sebelum nya..
    saya mau tanya motor kawan saya klx 150 dia sudah pakai blok seher dan seher kawahara diameter 63.
    tapi kalo dibawa ngebut kata nya suka mati.
    apakah itu pengaruh seher nya atau pengaruh yang lain ??
    Bagi yang mau berbagi ilmu nya tolong yaa saya harap bisa kasih masukan.
    terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *