Jelajah Gunungkidul: Pantai Kesirat, Surganya Para Mancing Mania

Om dan tante, setelah sempat mandek cukup lama, lanjut lagi yuk penjelajahan spot-spot menarik di Gunungkidul, salah satu kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Masih berkutat di Kecamatan Panggang nih om dan tante, ada sebuah pantai yang cukup menarik untuk dikunjungi, namaya Pantai Kesirat. Pantai ini berlokasi Dusun Karang, Desa Girikarto, Panggang. Pada dasarnya lokasi Pantai Kesirat berdekatan dengan Pantai Gesing. Hanya saja petunjuk menuju Pantai Kesirat sangat minim. Kalaupun ada, ukuran papan penunjuk jalan sangat kecil. Jadi sangat disarankan untuk bertanya kepada warga sekitar.

Pantai_Kesirat_0

Tidak seperti saat menuju Pantai Ngunggah yang perlu usaha ekstra, perjalanan ke Pantai Kesirat relatif lebih mudah. Kenapa? Kondisi jalan sudah cukup bagus, terbuat dari cor-coran semen, menembus perbukitan kapur yang naik turun dan sering kali melewati perkampungan dan ladang milik warga. Tidak perlu motor khusus untuk sampai ke lokasi Pantai Kesirat. Motor tipe apapun bisa dengan aman ke sana, termasuk untuk skutik sekalipun. Nggak ada masalah.

Pantai Kesirat tergolong pantai yang sangat sepi dan masih sangat jarang dikunjungi oleh wisatawan. Jangan berharap melihat hamparan pantai yang panjang dengan pasir putih di sini, karena itu nggak ada. Tipe Pantai Kesirat ini lebih berupa tebing-tebing yang curam, tapi pemandangannya sangat menawan. Di beberapa sudut akan terlihat orang-orang yang sedang memancing atau menebar jala. Yups, Pantai Kesirat memang dikenal sebagai surganya para pemancing. Saya sempat bertemu dan bercakap-cakap dengan dua orang pemancing yang sudah menyelesaikan kegiatannya. Hasil tangkapan mereka memang nggak banyak, tapi sudah cukup untuk lauk di rumah.

Pantai_Kesirat_2

Selain terkenal sebagai suraganya pemancing, Pantai Kesirat juga sangat cocok digunakan untuk camping. Di tepi pantai ini terdapat area kosong yang luas, hanya berupa rerumputan, dan tentunya sangat cocok untuk mendirikan tenda. Kalau mau camping di sini om dan tante perlu menyiapkan kebutuhan logistik. Soalnay nggak ada sama sekali orang yang berjualan ataupun membuka warung di Pantai Kesirat. Kalaupun ada warga yang ke area ini, paling hanya untuk memancing atau mengambil rumput bagi binatang ternak.

Ada satu hal yang sangat ikonik di Pantai Kesirat, yaitu adanya Pohon Gebangkoro yang tumbuh tepat di atas tebing tepi pantai. Banyak orang menyebut pohon ini sebagai pohon abadi. Ukurannya memang nggak besar, tapi ya hanya satu pohon itu yang paling mencolok dan paling besar di antara pohon-pohon lainnya. Paling enak sih kalau siang hari berteduh di bawah pohon ini sambil memandang keindahan Laut Selatan Pantai Kesirat. Tidak tau kenapa pohon ini disebut pohon abadi. Mungkin karena menjadi satu-satunya pohon yang hidup di tebing tepi pantai. Penampilan Pohon Gebangkoro memang sangat menarik, sekaligus memberikan kesan spooky…

Contact Me:

Advertisements

2 thoughts on “Jelajah Gunungkidul: Pantai Kesirat, Surganya Para Mancing Mania”

Leave a Reply