Daftar Perlengkapan Penting Bagi Rider di Musim Hujan

Musim hujan telah tiba, malah hampir setiap hari selalu turun hujan. Bagi para rider musim hujan seperti ini tentunya cukup merepotkan karena berbagai aktivitas yang didominasi dengan menggunakan kendaraan roda dua menjadi terhambat. Nggak mau dong aktivitas sehari-hari, touring, maupun riding adventure harus terhenti gara-gara hujan? Yup, mungkin beberapa perlengkapan berikut ini bisa mempermudah kegiatan riding om dan tante di sepanjang musim hujan ini.

1. Jas Hujan

Ya, ini adalah benda paling wajib dimiliki saat musim hujan seperti sekarang ini. Dijamin sangat merepotkan kalau rider nggak punya jas hujan. Dalam memilih jas hujan, sebaiknya pilih jas hujan yang menggunakan bahan dasar PVC. Kenapa? Karena PVC memiliki rongga yang sangat rapat, bisa menjamin air tidak tembus atau rembes. Selain itu, bahan ini tergolong tebal dan kuat, jadi bisa digunakan selama beberapa tahun. Memang harganya lebih mahal sih daripada jas hujan biasa, tapi jauh lebih awet.

Kalau nggak mau pakai jas hujan berbahan dasar PVC yang tebal, bisa juga memilih jas hujan yang khusus untuk para rider. Biasanya jas hujan ini jauh lebih tipis, tapi juga sangat bagus dalam melindungi tubuh dari terpaan hujan. Sayangnya harga jas hujan khusus seperti ini tergolong mahal, bisa di atas Rp 400.000.

Salah satu hal yang wajib dan perlu diperhatikan adalah jangan menggunakan jas hujan model ponco saat berkendara. Jas hujan model ponco sangat berbahaya dan rawan masuk ke jari-jari roda maupun terjepit gear dan rantai. Sudah banyak kejadian kecelakaan karena menggunakan jas hujan ponco seperti ini. Akan jauh lebih baik dan lebih aman kalau menggunakan jas hujan satu set, ada celana dan baju panjang di bagian atas.

jas hujan pvc

2. Jas Hujan Sepatu (Shoes Rain Cover)

Bagi yang sekolah, kuliah, pekerja kantoran, maupun saat touring atau riding adventure tentu nggak mau dong sepatu kebasahan karena terkena air hujan. Bagi yang punya sepatu waterproof sih nggak masalah. Tapi bagi rider yang hanya punya sepatu biasa, jas hujan untuk sepatu bisa dipertimbangkan untuk dimiliki. Harganya nggak terlalu mahal kok, antara Rp 50.000 sampai Rp 120.000, tergantung dari merk.

jas hujan sepatu

3. Sarung Tangan (Gloves) Waterproof

Sarung tangan yang tahan air akan sangat membantu saat kita riding dalam kondisi cuaca hujan. Tangan adalah bagian dari tubuh yang cepat menghantar rasa dingin. Kalau nekat menggunakan sarung tangan biasa saat hujan atau malah nggak pakai sarung tangan sama sekali, tubuh akan cepat menggigil dan merasa dingin. Dalam kondisi lama itu akan mengganggu konsentrasi dan tidak aman ketika riding. Riding gloves waterproof seperti ini bisa dibeli di toko-toko apparel dengan harga kurang dari Rp 200.000, tergantung merk.

riding gloves waterproof

4. Pelindung Tas (Bag Rain Cover)

Nah, ini untuk melindungi barang-barang bawaan yang berada di dalam tas. Biasanya tas jaman sekarang sudah ada rain cover. Tapi bagi yang belum ada, bisa dipersiapkan untuk membeli dulu rain cover untuk tas ini di toko-toko perlengkapan outdoor. Harganya relatif murah juga, antara Rp 50.000 sampai Rp 120.000.

rain cover

Kayaknya cukup itu aja deh, atau ada yang mau nambahin? Jangan lupa tetap pakai helm, jangan ngebut, tetap hati-hati, jaga jarak aman terutama saat hujan, dan tetap safety riding. Keluarga menunggu di rumah. 🙂

Contact Me:

6 thoughts on “Daftar Perlengkapan Penting Bagi Rider di Musim Hujan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *