Helm Sudah Pernah Jatuh? Sebaiknya Jangan Digunakan Lagi Bro!

Helm merupakan piranti keamanan yang utama saat mengendarai kendaraan roda dua. Yupz, helm akan melindungi kepala dari benturan saat terjadi kecelakaan. Nah, bagaimana kalau helm sudah pernah jatuh, baik itu jatuh saat kecelakaan atau terjatuh dari ketinggian secara tidak sengaja?

Ternyata, helm yang sudah pernah atau sering jatuh dengan benturan yang cukup keras sudah tidak layak lagi untuk digunakan walaupun secara fisik terlihat masih cukup bagus. Konon, dengan adanya benturan yang cukup keras kualitas bahan di dalam helm akan berkurang.

“Kalau helm sudah sering jatuh apalagi jatuhnya keras, itu disarankan jangan dipakai lagi, karena kualitas bahan yang ada di dalamnya akan menyusut karena benturan yang kencang tadi,” ujar perwakilan produsen halm KYT, Mugiyono, kepada detikOto.

Nah, Pak Mugiyono ini juga mengatakan agar helm tidak terlalu sering terkena sinar matahari secara langsung. Kenapa? Dengan terkena sinar matahari secara langsung akan menurunkan kualitas EPS Shell di dalam helm. Ini bisa jadi pertimbangan bagi om dan tante untuk membawa helm atau menitipkan di tempat penitipan saat parkir daripada menjemurnya di atas motor selama berjam-jam.

Sudah gamblang kan kalau helm yang pernah jatuh dengan benturan keras tidak layak dipakai lagi? Saya ada satu nih helm full face bekas jatuh yang lumayan keras. Secara fisik cuma ada bekas goresan di bagian samping dan kaca. Sekarang sih masih dipakai sesekali, karena lebih sering pakai Si Snail Ijo. Pengen beli gantinya, udah ngincer salah satu merk, tapi belum cukup duitnya. :mrgreen:

IMG_20140606_124756

Contact Me:

10 thoughts on “Helm Sudah Pernah Jatuh? Sebaiknya Jangan Digunakan Lagi Bro!”

      1. skrg pake KYT Alpha Venom, pas pegang ENduro berasa lbh besar (+berat) ya? MDS Prorider jg gambot…. yg ideal mmg snail, tp agak repot klo pke kacamata

    1. tergantung frame kacamatanya kang.. pilih yang lentur, jangan yang kaku.. selain itu bisa ambil helm ukuran paling gede, soalnya Snail MX311 ini agak aneh ukurannya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *