Ingin Riding Akhir Tahun? Ini Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan…

Akhir tahun umumnya menjadi momen yang menyenangkan bagi kebanyakan orang. Kenapa? Akhir tahun itu identik dengan liburan panjang. Setiap orang memiliki rencana masing-masing dalam menghabiskan libur akhir tahun. Ada yang berkumpul dengan keluarga di rumah, ada yang liburan ke luar negeri, ada yang liburan ke tempat-tempat wisata yang dekat saja, bahkan ada juga yang masih bekerja. Itu sih nasib.. 😛

Bagi para penggemar motor, sudah tentu waktu liburan akhir tahun bisa menyalurkan hasratnya untuk riding, baik itu dalam jarak dekat atau jarak jauh. Nah, sebelum riding, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini agar liburan akhir tahun tidak ada hambatan.

Servis Motor

Motor adalah alat transportasi utama kita saat riding. Sebisa mungkin motor dalam kondisi fit agar tidak terjadi gangguan selama perjalanan. Sebelum pergi, sebaiknya om dan tante melakukan tune-up motor. Minta saja mekanik untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh karena motor akan digunakan untuk perjalanan jauh, termasuk pengecekan terhadap filter udara, ganti filter oli, penyetelan rantai, pembersihan karburator (jika mesin belum injeksi), dan berbagai suku cadang yang kiranya perlu diganti.

Cek Ulang Kondisi Motor

Sebelum berangkat, pastikan semua bagian dari motor berfungsi dengan baik, termasuk lampu-lampu, klakson, kanvas rem, ketinggian oli, spion, speedometer, fuel meter, dan ban. Sebaiknya ban diganti jika alurnya sudah habis alias sudah gundul.

Isi Bensin Hingga Penuh

Menjelang keberangkatan, sebaiknya isi tangki bahan bakar motor terlebih dahulu hingga penuh. Biar lebih praktis aja sih dan agar bisa menempuh jarak yang lebih jauh sebelum mengisi di SPBU berikutnya.

Bawa Surat-Surat Penting

Ini yang tidak kalah penting untuk dibawa, apalagi kalau bukan surat-surat, seperti SIM, STNK, dan KTP. Pastikan seluruh surat-surat itu masih berlaku kalau nggak mau kena tilang sama Pak Polisi.

Pakai Safety Gear

Siapapun tidak ingin mengalami kecelakaan. Tapi kadang ya something shit happens! Untuk mempersiapkannya, gunakan riding gear yang lengkap. Helm itu wajib, sangat dianjurkan menggunakan helm full face dengan kaca bening. Selain itu, gunakan pula jaket, sarung tangan (dengan protektor lebih bagus), protektor siku dan lutut, dan sepatu. Jika perlu pakai juga body protector. Biar nggak ribet kayak lenong, bisa memilih menggunakan jaket dan celana khusus riding yang sudah dilengkapi dengan protektor. Lebih praktis! Jangan lupa bawa jas hujan model terpisah, baju dan celana, bukan jas hujan model ponco.

Bawa Kotak P3K

Hal yang nggak kalah penting tapi sering kali dilupakan adalah kotak P3K. Sebaiknya bawa ini ya om dan tante saat melakukan riding, apalagi jarak jauh. Isinya sih simpel, cuma Betadine, plaster, alkohol 70 persen (bisa botol yang kecil atau model tissue), kassa steril, verban, gunting kecil, dan obat-obatan yang mungkin akan diperlukan.

Atur Barang Bawaan

Jika motor om dan tante dilengkapi dengan box, maka tentu akan sangat praktis. Berbagai barang bawaan bisa dimasukkan ke dalam box dengan aman. Tapi kalau nggak punya box, bisa menggunakan cargo net untuk mengikatkan barang bawaan di bagian belakang motor. Syukur kalau motor sudah dilengkapi rak, sehingga lebih memudahkan untuk menali. Pastikan barang-barang terikat dengan kuat. Jangan sampai nanti barang-barang berjatuhan saat motor dipakai di kecepatan tinggi atau menghajar jalanan yang buruk.

Siapkan Fisik dan Mental

Berkendara di akhir tahun bisa jadi akan jauh lebih menguras fisik dan tenaga, termasuk menguji mental kita. Kenapa? Biasanya jalanan menjadi sangat padat saat akhir tahun. Bukan tanpa alasan, orang-orang keluar liburan secara bersamaan saat akhir tahun seperti ini. Macet menjadi hal yang paling lumrah ditemui. Sebaiknya banyak istirahat sebelum keberangkatan, jangan mudah tersulut emosi saat macet, tetap rileks, dan beristirahat kalau sudah merasa capek. Ingat, kemampuan tubuh ada batasnya. Jangan paksakan diri kalau memang sudah nggak mampu. Istirahat adalah jalan terbaik.

Okay… Sepertinya itu aja sih tipsnya.. Selamat berlibur, semoga liburan om dan tante di akhir tahun ini menyenangkan.. Daaaan.. Riding is journey, not destination! Nggak perlu kebut-kebutan di jalan!

IMG_20141028_100536

Contact Me:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *