Wuiihhh… SYM SB 300 Cafe Racer ABS Bakal Diperkenalkan di PRJ 2016!

Mas bro, belakangan ini brand motor asal Taiwan, SYM, memang nggak terdengar gaungnya. Ntah karena memang nggak ada produk baru atau memang nggak melakukan ekspansi, yang jelas brand yang satu ini nggak pernah nongol di jagad blogsphere, paling nggak dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Kali ini SYM nongol dengan membawa kabar baru mas bro, apalagi kalau bukan produk baru tentunya… Apakah itu?

Rencananya pada Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair 2016 yang digelar di Kemayoran, SYM bakal memamerkan SYM SB 300 Cafe Racer ABS. Tentu saja ini sangat menarik mas bro, karena SYM melihat peluang bermain di segmen motor sport retro yang cukup digemari dan nggak ada matinya. Toh pesaing di segmen motor retro seperti ini masih sangat minim, bisa menjadi peluang yang bagus bagi SYM dalam mengembangkan pasar.

SYM-SB-300-Cafe-Racer-ABS-002

Selama ini SYM Indonesia memang lebih dikenal sebagai brand yang memasarkan motor maxi scooter. Dengan adanya motor bertipe cafe racer, tentu saja lineup yang dimiliki oleh SYM Indonesia semakin lengkap! SYM SB 300 Cafe Racer ABS sudah mulai dipasarkan di Taiwan sejak Januari 2016 lalu dan akan segera melenggang di pasar Indonesia.

“Kita memang punya produk cafe racer dan baru dijual awal tahun ini di Taiwan, SYM SB 300 Cafe Racer ABS. Kami masih pelajari, cafe racer kan punya gaya dan segmen tersendiri, berbeda dengan big scooter yang sudah kita pasarkan di Indonesia,” ungkap Pak Kuswara dari SYM Indonesia, dikutip dari dapurpacu.com.

SYM-SB-300-Cafe-Racer-ABS-004

SYM SB 300 Cafe Racer ABS sendiri mengandalkan mesin satu silinder berkapasitas 278,3 cc dengan empat klep dan berpendingin radiator. Mesin ini memang nggak begitu istimewa karena hanya mampu mengeluarkan tenaga sebesar 27 HP. Tapi ini nggak menjadi masalah karena memang tipe yang diusung adalah retro yang kurang mengedepankan performa, melainkan lebih mengedepankan gaya yang old fashioned.

Mungkin yang jadi masalah adalah bandrol harga. Dengan mesin di atas 250 cc, kira-kira bakal dibandrol berapa motor ini? Karena nggak akan mungkin bisa dipatok dengan harga yang terjangkau akibat PPN BM sebesar 60 persen. Apalagi produk SYM ini kalau nggak salah diimpor utuh (CBU) dari Taiwan sana. Sebenarnya harga bakal lebih masuk akal kalau SYM mau menyediakan versi 250 cc untuk pasar Indonesia. Kalau nekat di kelas 300 cc ya harganya bakal nggak karuan seperti pada Kawasaki Ninja 300 yang dibandrol nyaris Rp 90 juta.

SYM-SB-300-Cafe-Racer-ABS-003

One thought on “Wuiihhh… SYM SB 300 Cafe Racer ABS Bakal Diperkenalkan di PRJ 2016!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *