Bajaj Jual Motor KTM di Bawah 400 cc di Indonesia, Akankah Sukses?

Mas bro, rencana kembalinya Bajaj ke Tanah Air beserta kolaborasinya dengan KTM sudah semakin jelas. Kabar berhembus dari Tanah Hindustan mengatakan bahwa untuk pasar Indonesia, KTM bakal di-split menjadi dua. Pertama adalah KTM yang berada di bawah naungan distributor saat ini, PT Jaya Selaras Sejahtera, sedangkan yang kedua merupakan KTM di bawah naungan Bajaj.

Jika sekarang PT Jaya Selaras Sejahtera memasarkan seluruh lineup produk KTM, nantinya mereka hanya akan memasarkan motor enduro dan motocross (all variant), serta motor tipe lain yang berkapasitas di atas 400 cc. Di lain pihak, Bajaj memasarkan produk KTM dengan kapasitas di bawah 400 cc, khususnya dari varian KTM Duke dan RC series (Baca: Kembali ke Indonesia, Bajaj Bakal Jual Motor KTM di Bawah 400 cc). Strategi yang sama sudah diterapkan di India dan terbukti sukses, sehingga akan diterapkan untuk pasar Indonesia.

Kemungkinan besar produk-produk KTM yang dijual oleh Bajaj antara lain KTM Duke 200, KTM Duke 250, KTM Duke 390, KTM RC 200, KTM RC 250, dan KTM RC 390. Saat ini produk-produk itu memang sudah diproduksi di plant Bajaj di India, jadi nggak terlalu sulit kalau Bajaj mau memboyongnya ke Indonesia. Apalagi Bajaj punya 48 persen saham di KTM, kuasanya lumayan besar.

Di tangan PT Jaya Selaras Sejahtera, KTM Duke dan RC 200/250/390 tergolong sebagai produk yang kurang laku di pasaran Indonesia karena harganya yang relatif tinggi. Misalnya saja untuk KTM Duke/RC 200 dibandrol dengan harga lebih dari Rp 50 juta, KTM Duke/RC 250 dihargai nyaris Rp 70 juta, dan KTM Duke/RC 390 bandrolnya mencapai lebih dari Rp 125 juta.

KTM-Duke-250-004

Bagaimana saat produk-produk itu dikelola oleh Bajaj? Bajaj berpeluang membuat KTM Duke/RC series dengan mesin di bawah 400 cc itu menjadi lebih murah mas bro… Malah saya sempat mendapatkan bocoran kabar kalau KTM Duke/RC series under 400 cc bakal diproduksi atau paling nggak dirakit di plant Bajaj di Indonesia. Walaupun sudah hengkang dari Indonesia sejak beberapa tahun lalu, namun Bajaj masih punya aset berupa pabrik di Indonesia kok!

Jika hal itu terjadi, bukan nggak mungkin kita bisa melihat KTM Duke/RC 200 dengan harga Rp 40 jutaan atau KTM Duke/RC 250 berharga Rp 50 jutaan. Harga yang jauh lebih murah paling nggak bisa menarik minat konsumen yang lebih banyak dan produk itu bisa bersaing dengan brand Jepang di rentang kelas yang sama. Mungkinkah selentingan kabar ini bisa benar-benar terwujud? Hanya waktu yang bisa menjawabnya mas bro. Intinya sukses atau tidaknya produk KTM di bawah pengelolaan Bajaj sangat tergantung dari harga. Selama ini nggak ada yang meragukan performa maupun kualitas produk KTM. Kendalanya cuma di harga yang super mahal. Kita nantikan saja deh kabar berikutnya!

2 thoughts on “Bajaj Jual Motor KTM di Bawah 400 cc di Indonesia, Akankah Sukses?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *