Husqvarna Siapkan Street Bike dengan Mesin 1.301 cc

Ketika pertama kali diakuisisi oleh KTM dari BMW, Husqvarna memang lebih fokus dalam memasarkan motor off road, baik itu yang bertipe enduro maupun motocross. Produk motor off road dengan label Husqvarna itupun berbagi platform yang sama dengan motor off road milik KTM. Artinya, bisa dibilang motor enduro dan motocross milik Husqvarna adalah motor enduro dan motocross KTM yang diganti baju dan warnanya.

Langkah yang dilakukan oleh KTM itu ternyata berhasil membuat Husqvarna menjadi brand yang sehat dengan penjualan yang terus mengalami peningkatan. Secara perlahan, Husqvarna tidak hanya mengeluarkan produk motor off road, tapi juga mulai mengeluarkan street bike.

Era street bike Husqvarna di tangan KTM boleh dikatakan dimulai dari Husqvarna 701 Enduro dan Husqvarna 701 Supermoto. Desain kedua motor itu memang masih kental dengan aura motor off road, tapi mesinnya pakai punya KTM Duke 690 (street bike) yang di-tuning ulang. Kemudian Husqvarna mulai memperkenalkan street bike berupa Vitpilen (cafe racer) dan Svartpilen (scrambler). Meskipun dua motor yang disebut terakhir kemungkinan baru akan diluncurkan pada tahun 2017…

Husqvarna-1301-002
Husqvarna 1301

Ke depan, lineup street bike dari Husqvarna sepertinya bakal semakin banyak. Kenapa? Pasalnya, media otomotif asal Inggris Visordown sudah mengeluarkan spy shot street bike terbaru dari Husqvarna yang sedang dites di sekitar plant KTM di Austria. Street bike itu sangat jelas sebagai sosok naked sport dengan kapasitas mesin 1.301 cc v-twin. Nggak mengherankan kalau motor itu untuk sementara waktu disebut sebagai Husqvarna 1301!

KTM 1290 Super Duke R 2017
KTM 1290 Super Duke R 2017

Kabarnya, Husqvarna 1301 menggunakan platform yang sama dengan KTM 1290 Super Duke R. Mulai dari mesin, frame, swingarm, roda, hingga rem pada Husqvarna 1301 dipastikan sama dengan KTM 1290 Super Duke R. Perbedaan mencolok ya hanya dari penampilannya saja. Menariknya, sebagai naked sport Husqvarna 1301 menggunakan model single seater plus stang clip on, jadi tampak begitu sporty! Mungkinkah Husqvarna 1301 bakal jadi penantang serius bagi Ducati XDiavel? Kita nantikan saja kehadirannya yah… Sekarang masih dalam proses pengetesan. Belum diketahui kapan launching…

KTM 1290 Super Duke R 2016
KTM 1290 Super Duke R 2016

4 thoughts on “Husqvarna Siapkan Street Bike dengan Mesin 1.301 cc”

  1. Hmm… itu emang motornya yg kecil apa orangnya yg kegedean? 😀
    serasa kyk naek motor bebek 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *