EICMA 2016: Ducati Rilis Motor Adventure Baru, Multistrada 950

EICMA 2016 yang digelar di Milan kayaknya memang jadi arena perang para motor adventure. Honda mengeluarkan CRF250 Rally dan X-ADV, sementara Yamaha memamerkan motor konsep T7 Tenere. Bagaimana dengan si tuan rumah yang sangat identik dengan warna merah, Ducati??

Ducati meluncurkan dua motor baru yang berbau adventure. Pertama adalah Scrambler Dessert Sled yang merupakan perpaduan antara motor retro dan enduro, sedangkan yang kedua adalah motor adventure tulen, yaitu Multistrada 950. Scrambler Dessert Sled sudah dibahas dalam artikel ini, jadi sekarang kita bahas mengenai Multistrada 950 yak!

Boleh dibilang Multistrada 950 ini menjadi opsi kalau rider merasa Multistrada 1200 terlalu besar dan terlalu bertenaga. Dengan bekal mesin 937 cc L-Twin, Multistrada 950 mampu mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 113 kg dengan bobot total motor mencapai 227 kg. Seat height motor ini juga tergolong bersahabat lho, karena cuma 840 mm saja, membuat riding dengan motor ini nggak terlalu terintimidasi dengan yang namanya ketinggian.

ducati-multistrada-950-001

Secara penampilan sih Multistrada 950 sangat mirip – kalau nggak mau dibilang identik – dengan Multistrada 1200. Apalagi Multistrada 950 juga dibekali dengan segudang fitur elektronik yang nggak kalah dengan kakaknya itu. Cuma kalau diperhatikan, Multistrada 950 dibekali dengan velg palang (cast wheel) yang terbuat dari bahan aluminium dengan diameter 19 inch di depan dan 17 inch di belakang. Artinya, Multistrada 950 lebih cocok dipakai untuk on road ketimbang off road. Asyik dipakai untuk perjalanan jarak jauh, tapi kurang greng saat masuk ke medan off road. Kalaupun bisa dipakai di medan off road ya hanya off road yang super ringan saja.

Mungkin saja ke depan Ducati mempertimbangkan Multistrada 950 Enduro yang menggunakan velg jari-jari dan memiliki kemampuan off road yang jauh lebih baik layaknya Multistrada 1200 Enduro. Bagi penggemar adventure tulen, Multistrada 950 Enduro tentu lebih menarik ketimbang varian standar yang baru diluncurkan di EICMA 2016 ini.

Advertisements

Leave a Reply