Royal Enfield Himalayan Sudah Comply dengan Regulasi Euro 4!

Mas bro… Motor adventure asal Negeri Bollywood, Royal Enfield Himalayan, dipastikan bakal dijual di pasaran Eropa, khususnya Inggris, karena sudah comply dengan regulasi Euro 4. Kemungkinan Himalayan bakal tersedia di dealer-dealer Royal Enfield di Eropa mulai tahun 2017 mendatang.

Sebelumnya Himalayan ini nggak lolos regulasi Euro 4. Dia hanya sampai ke tahap Euro 3. Karena hal tersebut, waktu itu Royal Enfield sempat melontarkan pernyataan tidak tertarik memasarkan Himalayan ke Eropa. Bukan rahasia lagi kalau regulasi Euro 4 yang mulai diterapkan pada 1 Januari 2017 cukup berat. Euro 4 nggak melulu terkait dengan emisi gas buang dan emisi suara yang jauh lebih ketat dibandingkan dengan Euro 3. Tapi Euro 4 juga mewajibkan motor memiliki fitur rem ABS dan OBD (on-board diagnostic) sebagai standar. Makanya agar lolos Euro 4, Himalayan dipasangi sistem pembakaran injeksi (versi asli pakai karburator), ABS, automatic headlight on (AHO), OBD, dan tipe ban yang berbeda.

Kalau Eropa dipastikan mendapatkan unit yang sudah standar Euro 4, bagaimana dengan Indonesia? Himalayan memang sudah pernah dipamerkan oleh Royal Enfield di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Sayangnya hingga kini masih belum diketahui kapan motor itu bakal dijual secara resmi ke Indonesia. Misalnya Himalayan resmi masuk Indonesia, kemungkinan besar spec-nya masih menggunakan standar Euro 3 yang harganya lebih murah. Apalagi regulasi emisi di Indonesia masih sebatas Euro 3 kok!

Sekedar flashback saja… Himalayan dibangun dari mesin LS410, yaitu mesin SOHC satu silinder berkapasitas 410 cc dengan tenaga sekitar 28 HP plus torsi 32 Nm. Karakter mesin ini memang nggak mengeluarkan tenaga besar, tapi torsinya begitu nampol sejak putaran bawah! Royal Enfield mengklaim bahwa perawatan mesin Himalayan sangat rendah, karena oli mesin bisa diganti setiap 10.000 km. Kita tunggu saja deh kehadiran Himalayan di Indonesia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *