4 Pabrikan Global Terjun Di Segmen Motor Adventure Kecil, KTM Kapan?

EICMA 2016 memang menjadi surganya para penggemar motor adventure. Kenapa? Karena setidaknya ada empat pabrikan global yang meluncurkan motor adventure dengan kapasitas kecil. Mereka adalah Honda CRF250 Rally, Suzuki V-Strom 250, Kawasaki Versys-X 250/300, dan BMW G 310 GS. Bisa dibilang empat produk dari empat pabrikan yang berbeda itu bermain di liga yang sama. Tapi, kemanakah KTM? Bukannya brand asal Austria ini juga ingin mengeluarkan KTM 390 Adventure?

KTM 390 Adventure sebenarnya menjadi salah satu motor adventure kecil yang ditunggu-tunggu. Tapi sayangnya motor itu nggak nongol di EICMA 2016. Yang ada hanya deretan naked sport Duke terbaru. Buat yang nunggu-nungga kehadiran KTM 390 Adventure nggak perlu bingung dan jangan beharap motor itu bakal nongol dalam waktu dekat. Memang kenapa mas?

Kabarnya, KTM masih struggle dalam mengembangkan KTM 390 Adventure. Rencananya, KTM 390 Adventure dibangun dari basis KTM 390 Duke generasi terbaru (model year 2017). Namun apa daya, KTM masih belum bisa menemukan posisi duduk (riding position) yang ideal pada prototipe KTM 390 Adventure.

ktm-390-duke-2017-001
KTM 390 Duke model year 2017

KTM sempat mengatakan bahwa frame Duke generasi terbaru bisa dengan mudah dibuat menjadi motor naked sport (Duke series) maupun motor sport full fairing (RC series). Sayangnya, ketika KTM membangun sosok motor adventure dari frame yang sama, ketinggian jok menjadi sangat tinggi, tapi di sisi lain jarak terendah motor ke tanah (ground clearance) tetap rendah. Padahal salah satu hal yang terpenting untuk motor adventure adalah ground clearance tinggi agar luwes ketika melibas medan off road.

Oleh karena itu, KTM masih butuh waktu untuk mengembangkan KTM 390 Adventure. Menurut KTM, mustahil bisa membangun KTM 390 Adventure dengan baik tanpa merubah bagian frame. Perubahan dilakukan agar semuanya serasi, mulai dari ketinggian jok pas, ground clearance tinggi, dan sudut rake yang bagus untuk motor adventure.

Oh ya, KTM menyebut KTM 390 Adventure nanti sebagai motor travel enduro. Artinya, motor nyaman dipakai untuk perjalanan (travel) jarak jauh sekaligus memiliki kemampuan off road yang moderate. KTM pun memberikan konfirmasi bahwa KTM 390 Adventure tidak akan muncul di pasaran sebelum tahun 2019 mendatang. Masih sangat lama… Nikmati yang sudah ada dulu mas bro!

KTM-390-Adventure-003
Renderan KTM 390 Adventure
About these ads

Leave a Reply