Perjalanan Panjang Honda X-ADV dari Konsep Menjadi Kenyataan

Honda boleh dibilang meluncurkan motor-motor yang fenomenal di EICMA 2016. Salah satu motor yang tergolong “WOW” adalah X-ADV. Kenapa bisa disebut “WOW”? Karena ini merupakan motor skuter, tapi memiliki gaya layaknya motor adventure. Ditambah lagi segudang teknologi super canggih yang disematkan oleh Honda di motor ini.

Awalnya, Honda memamerkan konsep X-ADV di EICMA 2015. Berselang satu tahun, X-ADV benar-benar menjadi kenyataan, nggak hanya sekedar konsep yang mejeng di pameran, dipastikan diproduksi massal, dan dijual ke pasaran. Diwawancarai oleh MCN, Large Project Leader Honda X-ADV Kenichi Misaki menyebut ada banyak sekali kesulitan dalam membangun X-ADV. Apa saja kesulitannya?

Misaki bercerita, pada mulanya ada dua konsep motor konsep yang ditawarkan oleh desainer Honda di Italia. Pertama sebuah motor dengan gaya SUV, sementara yang kedua merupakan motor dengan gaya lebih tradisional. Yups… Konsep awal X-ADV memang diselesaikan di Italia, tepatnya di pusat R&D Honda yang berada di Roma. Konsep itu kemudian diboyong ke Jepang, dan Honda pusat (Jepang) akhirnya memilih skuter bergaya SUV karena terlihat lebih menarik!

honda-x-adv-001

“Kami mengambil keputusan langsung dari hati. Itu bukan keputusan yang rasional karena ketika kami mengevaluasi kondisi pasar dan kinerja tidak pas untuk meluncurkan tipe motor baru. Kami hanya berpikir, akan sangat menyenangkan jika memiliki motor seperti itu,” ungkap Misaki.

“Yang menjadi concern terbesar kami adalah bagaimana menggabungkan performa tinggi motor off road dan kepraktisan ala skuter (dalam satu motor). Dari perspektif itu, kami mendapatkan tantangan yang sangat besar. Jika kamu ingin mempertahankan kemampuan off road yang baik tentu yang dibutuhkan adalah travel suspension yang tinggi, tapi memiliki dampak pada kapasitas ruang penyimpanan di bawah jok. Merealisasikan kedua hal itu sangat sulit,” terangnya lebih lanjut.

Meskipun demikian, Honda sukses menyatukan dua hal sulit tadi ke dalam satu wadah bernama X-ADV, sebuah motor yang memiliki gaya off road tapi tetap praktis selayaknya skuter. Lebih menarik lagi karena desain X-ADV luar biasa keren, mirip dengan shape pada CRF1000L Africa Twin. Misaki pun tidak menampik kalau desainer Africa Twin juga menggarap X-ADV, sehingga ada kesamaan di sana.

“Shape dari X-ADV adalah triangle sat di antara kedua roda, yang mirip dengan Africa Twin. Desainer dari Africa Twin saat ini sebenarnya juga merancang X-ADV, jadi ada filosofi desain yang sama antara keduanya,” kata Misaki.

Apakah X-ADV bakal masuk ke Indonesia? Memang peluang itu tidak tertutup karena Astra Honda Motor (AHM) yang notabene ATPM Honda di Indonesia sedang getol menjual big bike. Bisa jadi X-ADV menjadi motor nyeleneh kedua yang dijual oleh AHM selain NM4 Vultus kan? Tapi kalau memang X-ADV bakal diboyong ke Indonesia, waktunya nggak dalam waktu dekat ini sih mas bro…

Advertisements

Leave a Reply